SILABUS
Mata Pelajaan : Fisika Alokasi Waktu per Semester: 36 jam pelajaran
Kelas/Semester : X/1
Standar Kompetensi : 1. Menerapkan konsep besaran fisika dan pengukurannya
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/Alat |
1.1 Mengukur besaran fisika (massa, panjang, dan waktu) | Pengukuran massa, panjang, dan waktu | · Membuat daftar (tabel) nama besaran, alat ukur, cara mengukur, dan satuan yang digunakan secara individu yang berlaku di daerah setempat (misalnya: untuk ukuran massaà mayam di Sumatera Utara, untuk ukuran panjang à tumbak di Jawa Barat) · Mengukur besaran panjang, massa, dan waktu dengan beberapa jenis alat ukur: mistar milimeter, jangka sorong, mikrometer, neraca lengan, neraca pegas, dan stopwatch secara berkelompok di sekolah · Mengolah hasil pengukuran dengan mempertimbangkan kesalahan relatif pengukuran dalam diskusi kelas | · Menggunakan alat ukur besaran panjang, massa, dan waktu dengan beberapa jenis alat ukur · Mengukur besaran panjang, massa dan waktu dengan mempertimbangkan ketelitian dan ketepatan · Menampilkan sikap teliti dalam kegiatan praktik | Penilian kinerja (sikap dan praktik) dan tes tertulis | 6 jam | Sumber: Buku Fisika yang relevan Bahan: Lembar Kerja, hasil kerja siswa, bahan presentasi Alat: jangka sorong, mikro-meter sekrup, neraca lengan, neraca pegas, media presentasi |
1.2 Melakukan penjumlahan vektor | Penjumlahan vektor | · Menjumlahkan dua besaran vektor dalam arah yang berbeda-beda secara grafis dalam kegiatan diskusi kelas · Menggambar vektor, resultan vektor, komponen vektor serta menghitung besar dan arah resultan vektor dalam diskusi kelas · Melakukan percobaan untuk menemukan resultan dua vektor sebidang · Menerapkan operasi vektor dalam pemecahan masalah secara individu | · Menjumlahkan dua vektor atau lebih secara grafis · Menjumlahkan dua vektor secara analisis · Menerapkan prinsip penjumlahan vektor dalam pemecahan masalah | Penilaian kinerja (sikap dan praktik), laporan praktik, dan tes tertulis | 6 jam | Sumber: Buku Fisika yang relevan Bahan: Lembar kerja, bahan presentasi Alat; neraca pegas, busur, media presentasi |
Standar Kompetensi: 2. Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Belajar | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/Alat |
2.1 Menganalisis besaran fisika pada gerak dengan kecepatan dan percepatan konstan | Gerak lurus dengan kecepatan dan percepatan konstan | · Mengamati demonstrasi gerak untuk membedakan gerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan dalam diskusi kelas · Melakukan percobaan glb dengan menggunakan kereta atau mobil mainan · Melakukan percobaan glbb dengan menggunakan kereta dinamik · Menganalisis besaran-besaran dalam glbb dan gerak jatuh bebas dalam diskusi kelas | · Menganalisis besaran-besaran fisika pada gerak dengan kecepatan konstan · Menganalisis besaran-besaran fisika pada gerak dengan percepatan konstan · Menganalisis grafik gerak lurus dengan kecepatan konstan · Menganalisis grafik gerak lurus dengan percepatan konstan | Penilaian kinerja (sikap dan praktik), laporan praktik, dan tes tertulis | 8 jam | Sumber: Buku Fisika yang relevan Bahan: lembar kerja, hasil kerja siswa, bahan presentasi Alat: tiker timer, troly, mobil mainan, media presentasi |
2.2 Menganalisis besaran fisika pada gerak melingkar dengan laju konstan | Gerak melingkar dengan laju konstan · frekuensi, periode, sudut tempuh, kecepatan linier, kecepatan sudut, dan percepatan sentripetal · Hubugan kecepatan sudut, dan kecepatan linier pada gerak roda berhubungan | · Menemukan besaran frekuensi, periode, sudut tempuh, kecepatan linier, kecepatan sudut, dan percepatan sentripetal pada gerak melingkar melalui demonstrasi · Melakukan percobaan atau diskusi secara berkelompok untuk menyelidiki gerak yang menggunakan hubungan roda-roda · Menganalisis gerak melingkar beraturan dalam pemecahan masalah melalui diskusi kelas | · Mengidentifikasi besaran frekuensi, frekuensi sudut, periode, dan sudut tempuh yang terdapat pada gerak melingkar dengan laju konstan · Menerapkan prinsip roda-roda yang saling berhubungan secara kualitatif · Menganalisis besaran yang berhubungan antaran gerak linier dan gerak melingkar pada gerak menggelinding dengan laju konstan | Penilaian kinerja (sikap dan praktik), laporan praktik, dan tes tertulis | 8 jam | Sumber: Buku Fisika yang relevan Bahan: lembar kerja, bahan presentasi, hasil kerja siswa Alat: alat sentripetal, stop watch, neraca, media presentasi |
2.3 Menerapkan Hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal, dan gerak melingkar beraturan | Hukum Newton tentang gerak · Hukum Newton 1 · Hukum Newton 2 · Hukum Newton 3 Gesekan statis dan kinetis | · Melakukan percobaan hukum Newton 1 dan 2 secara berkelompok di kelas · Menggambar gaya berat, gaya normal, dan gaya tegang tali dalam diskusi pemecahan masalah dinamika gerak lurus tanpa gesekan · Melakukan percobaan gerak benda misalnya dalam bidang miring untuk membedakan gesekan statis dan kinetis · Menghitung percepatan benda dalam sistem yang terletak pada bidang datar, bidang miring, dan sistem katrol dalam diskusi kelas · Melakukan praktik gaya sentripetal | · Mengidentifikasi penerapan prinsip hukum 1 Newton (hukum inersia) dalam kehidupan sehari-hari · Mengidentifikasi penerapan prinsip hukum 2 Newton dalam kehidupan sehari-hari · Menyelidiki karakteristik gesekan statis dan kinetis melalui percobaan · Mengidentifikasi penerapan prinsip hukum 3 Newton dalam kehidupan sehari-hari · Menerapkan hukum newton pada gerak benda pada bidang datar/miring dengan dan atau tanpa gesekan · Menerapkan hukum Newton pada gerak vertikal · Menerapkan hukum Newton pada gerak melingkar | Penilaian kinerja (sikap dan praktik), laporan praktik, dan tes tertulis | 8 jam | Sumber: Buku Fisika yang relevan Bahan: lembar kerja, hasil kerja siswa, bahan presentasi Alat: kereta dinamik , tiker timer, katrol, beban gantung, media presentasi |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA
Mata Pelajaan : Fisika Alokasi Waktu per Semester: 36 jam pelajaran
Kelas/Semester : X/2
Standar Kompetensi : 3. Menerapkan prinsip kerja alat-alat optik
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Belajar | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/Alat |
3.1 Menganalisis alat-alat optik secara kualitatif dan kuantitatif | Alat optik · Fungsi dan bagian alat optk seperti mata, kacamata, kamera, mikroskop, dan teropong · Prinsip pembentukan bayangan pada alat optik | · Mengidentifikasi fungsi dan bagian alat optik pada mata dan kacamata, kamera, mikroskop, dan teropong secara berkelompok · Melukis jalannya sinar pada pembentukan bayangan alat-alat optik (lup, kacamata, mikroskop, dan teropong) untuk mata berakomodasi maksimum dan tanpa akomodasi · Menganalisis prinsip pembentukan bayangan dan perbesaran pada kacamata, lup, mikroskop, dan teropong dalam diskusi kelas | · Menganalisis pembentukan bayangan pada lup, kaca mata, mikroskop, dan teropong · Mendeskripsikan fungsi dan bagian alat optik mata dan kacamata, mikroskop, dan teropong · Membedakan pengamatan tanpa akomodasi dan akomodasi maksimum · Menentukan kekuatan lensa kacamata pada penderita miopi dan hipermetropi · Menghitung perbesaran lup, mikroskop, dan teropong | Penilaian kinerj (sikap dan praktik), Penugasan danTes tertulis | 4 jam | Sumber: Buku Fisika yang relevan Bahan: lembar kerja, bahan presentasi Alat: kaca mata baca dobel lensa, , teropong mainan, mikroskop, media presentasi |
3.2 Menerapkan alat-alat optik dalam kehidupan sehari-hari | Alat optik · Prinsip kerja teropong bumi, dan teropong bintang | · Membuat daftar alat-alat optik dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari · Merancang dan membuat teropong sederhana misalnya dengan menggunakan paralon dan lensa positip secara berkelompok | · Mengidentifikasi penerapan berbagai alat optik dalam kehidupan sehari-hari · Merancang model teropong sederhana · membuat teropong sederhana | Penugasan dan hasil karya | 2 jam | Alat: pipa paralon, lensa positip, lem |
Standar Kompetensi: 4. Menerapkan konsep kalor dan prinsip konservasi energi pada berbagai perubahan energi
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Belajar | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/Alat |
4.1 Menganalisis pengaruh kalor terhadap suatu zat | Kalor, perubahan wujud, dan pemuaian | · Melakukan percobaan pemanasan benda (misalnya es atau mentega) sambil mengamati perubahan suhu dan wujudnya · Menggunakan persamaan kalor Q= m.c.Δt · Menganalisis pengaruh kalor pada suhu, ukuran benda dan wujud nya dalam pemecahan masalah melalui diksusi kelas | · Menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan suhu benda · Menganalisis pengaruh perubahan suhu benda terhadap ukuran benda (pemuaian) · Menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan wujud benda | Penilaian kinerja (sikap dan praktik), tes tertulis | 4 jam | Sumber: Buku Fisika yang relevan Bahan: lembar kerja, bahan presentasi Alat: pemanas, bejana, mentega beku, termometer, media presentasi |
4.2 Menganalisis cara perpindahan kalor | Perpindahan Kalor · Konduksi · Konveksi · Radiasi | · Mengamati demonstrasi perpindahan kalor cara konduksi, konveksi, dan radiasi · Mendiskusikan perbedaan konduksi, konveksi, dan radiasi kalor serta penerapannya dalam pemecahan masalah melalui diskusi kelas | · Menganalisis perpindahan kalor dengan cara konduksi · Menganalisis perpindahan kalor dengan cara konveksi · Menganalisis perpindahan kalor dengan cara radiasi | Penugasan, tes tertulis | 4 jam | Sumber: Buku Fisika yang relevan Bahan: lembar kerja, bahan presentasi Alat: pemanas, bejana, zat cair, manik-manik berwarna, media presentasi |
4.3 Menerapkan asas Black dalam pemecahan masalah | Asas Black pada pertukaran kalor · Prinsip petukaran kalor · Prinsip kerja kalorimetri | · Menganalisis prinsip pertukaran kalor, asas Black dan kalor jenis zat dalam diskusi kelas · Praktik menentukan kalor jenis logam dengan kalorimeter secara berkelompok | · Menghitung kuantitas kalor dalam berbagai keadaan (suhu atau wujudnya berubah) · Mendeskripsikan perbedaan kalor yang diserap dan kalor yang dilepas · Menerapkan asas Black dalam peristiwa pertukaran kalor | Penilaian kinerja (sikap dan praktik), tes tertulis | 4 jam | Sumber: Buku Fisika yang relevan Bahan: lembar kerja, bahan presentasi Alat: pemanas, kalorimeter, kubus logam, termometer, media presentasi |
Standar Kompetensi: 5. Menerapkan konsep kelistrikan dalam berbagai penyelesaian masalah dan berbagai produk teknologi
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Belajar | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/Alat |
5.1 Menggunakan alat ukur listrik | Alat ukur Listrik · Cara menggunakan voltmeter, dan amperemeter · Cara membaca pengukuran voltmeter dan amperemeter | · Praktik menggunakan alat ukur voltmeter, amperemeter, dan multimeter secara berkelompok | · Menggunakan voltmeter dalam rangkaian · Menggunakan amperemeter dalam rangkaian · Menggunakan multimeter dalam rangkaian | Penilaian kerja (sikap dan praktik) | 2 jam | Sumber: Buku Fisika yang relevan Bahan: lembar kerja, bahan presentasi Alat: voltmeter, amperemeter, multimeter, power suply,resistor, kabel , media presentasi |
5.2Memformulasikan besaran-besaran listrik rangkaian tertutup sederhana (satu loop) | Hukum Ohm dan hukum Kirchoff · Hukum ohm tentang kuat arus dan hambatan · Hambatan seri · Hukum Kirchoff I dan II | · Mengukur kuat arus, tegangan dan hambatan pada rangkaian tertutup sederhana secara berkelompok · Memformulasikan dan menganalisis hukum ohm, tegangan jepit , hambatan dalam, dan hukum Kirchoff, dalam diskusi kelas | · Memformulasikan besaran kuat arus dalam rangkaian tertutup sederhana · Memformulasikan besaran hambatan dalam rangkaian seri · Memformulasikan besaran tegangan dalam rangkaian tertutup sederhana dengan menggunakan hukum Kirchoff I dan II | Penilaian kinerja (sikap dan praktik), tes tertulis | 6 jam | Sumber: Buku Fisika yang relevan Bahan: lembar kerja, hasil praktikum siswa, bahan presentasi Alat: voltmeter, amperemeter, multimeter, power suply,resistor, kabel, media presentasi |
5.1 Mengidentifikasi penerapan listrik AC dan DC dalam kehidupan sehari-hari | Listrik AC dan DC dalam kehidupan · Penggunaan arus searah dan arus bolak balik · Energi dan daya listrik | · Membuat daftar penggunaan listrik searah dan bolak-balik serta sumbernya (batere, generator, dan lain-lain) dalam kehidupan sehari-hari di rumah masing-masing (misalnya: lampu, TV, telpon, dan lain-lain) secara individu · Mengidentifikasi karakteristik hambatan seri-paralel pada rangkaian listrik di rumah tangga · Menghitung energi listrik yang digunakan di rumah masing-masing per bulan | · Mengidentifikasi penerapan arus listrik searah dalam kehidupan sehari-hari · Mengidentifikasi penerapan arus listrik bolak-balik dalam kehidupan sehari-hari · Mengidentifikasi upaya penggunaan energi listrik secara hemat | Penugasan, tes tertulis | 4 jam | Sumber: Buku Fisika yang relevan Bahan: lembar kerja, bahan presentasi Alat: multimeter, osiloskop, media presentasi |
Standar Kompetensi: 6. Memahami konsep dan prinsip gelombang elektromagnetik
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Belajar | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/Alat |
6.1 Mendeskripsikan spektrum gelombang elektromagnetik | Spektrum gelombang elektromagnetik | · Mendeskripsikan ciri dan karakteristik spektrum gelombang elektromagnetik melalui presentasi kelompok | · Mendeskripsikan contoh pemanfaatan gelombang elektromagnetik · Mengidentifikasi karekteristik spektrum gelombang elektromagnetik · Menyusun deret gelombang elektromagnetik berdasarkan frekuensi atau panjang gelombang | Penugasan, tes tertulis | 2 jam | Sumber: Buku Fisika yang relevan Bahan: Petunjuk Penugasan, Bahan presentasi Alat: media presentasi |
6.2 Menjelaskan aplikasi gelombang elektromagnetik pada kehidupan sehari-hari | Gelombang elektromagnetik dalam kehidupan | · Mengumpulkan informasi pemanfaatan gelombang elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari dalam bidang komunikasi, kesehatan, industri dan lain-lain · Mendeskripsikan pemanfaatan gelombang elektromeagnetik dalam kehidupan melalui presentasi kelompok | · Mengidentifikasi penggunaan gelombang elektromagnetik (seperti infra merah, ultra violet, sinar laser, dan lain-lain) dalam komunikasi, kesehatan dan industrri · Mendeskripsikan manfaat dan bahaya beberapa spektrum gelombang elektromagnetik · Menjelaskan perbedaan penggunaan rentang frekuensi/panjang gelombang pada komunikasi radio, radar, telepon dan lain-lain | Penugasan, tes tertulis | 2 jam | Sumber: Buku Fisika yang relevan, Internet Bahan: Petunjuk penugasan, Bahan presentasi Alat: media presentasi |
SILABUS
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : XI/1 Alokasi Waktu per Semester: 72 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 1. Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Belajar | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/Alat |
1.1 Menganalisis gerak lurus, gerak melingkar dan gerak parabola dengan menggunakan vektor | Perpaduan gerak antara: · glb dan glb · glb dan glbb Gerak parabola Gerak melingkar dengan percepatan konstan | · Mengidentifikasi katrakteristik perpaduan gerak translasi pada beberapa gerak melalui presentas, percobaan atau demonstrasi di kelas secara klasikal (misalnya gerak mobil mainan di atas triplek yang bergerak) · Menganalisis vektor perpindahan, vektor kecepatan, dan vektor percepatan pada gerak dalam bidang datar (gerak parabola, gerak melingkar) melalui kegiatan diskusi di kelas · Menerapkan analisis vektor perpindahan, vektor kecepatan, dan vektor percepatan pada gerak dalam bidang datar (parabola dan melingkar) dalam diskusi pemecahan masalah | · Menganalisis besaran perpindahan, kecepatan dan percepatan pada perpaduan gerak lurus dengan menggunakan vektor · Menganalisis besaran kecepatan dan percepatan pada gerak melingkar dengan menggunakan vektor · Menganalisis besaran perpindahan dan kecepatan pada gerak parabola dengan menggunakan vektor · Menganalisis vektor percepatan tangensial dan percepatan sentripetal pada gerak melingkar | Penugasan, penilaian kinerja (sikap dan praktik), tes tertulis | 12 jam | Sumber: Buku Fisika yang relevan (Mekanika) Bahan: bahan presentasi, lembar kerja Alat: media presentasi, |
1.2 Menganalisis keteraturan gerak planet dalam tatasurya berdasarkan hukum-hukum Newton | Hukum Newton tentang Gravitasi Gaya gravitasi antar partikel Kuat medan gravitasi dan percepatan gravitasi Gravitasi antar planet Hukum Keppler | · Mendiskusikan konsep gerak, gaya dan kesimbangan yang terjadi pada sistem tatasurya dan gerak planet melalui berbagai media (misalnya presentasi, simulasi, dan lain-lain) · Memformulasikan hukum Newton tentang gravitasi, konsep berat, konsep percepatan dan medan gravitasi dalam tatasurya dalam diskusi kelas · Menganalisis keteraturan sistem tata surya dalam pemecahan masalah gravitasi antar planet, gerak satelit, penerbangan luar angkasa dalam diskusi kelas pemecahan masalah | · Menganalisis hubungan antara gaya gravitasi dengan massa benda dan jaraknya · Menghitung resultan gaya gravitasi pada benda titik dalam suatu sistem · Membandingkan percepatan gravitasi dan kuat medan gravitasi pada kedudukan yang berbeda · Menganalisis gerak planet dalam tata surya berdasarkan hukum Keppler | Penugasan, tes tertulis | 12 jam | Sumber: Buku Fisika yang relevan (Mekanika) Bahan: bahan presentasi, lembar kerja Alat: media presentasi, |
1.3 Menganalisis pengaruh gaya pada sifat elastisitas bahan | Hukum Hooke dan elastisitas | · Melakukan percobaan untuk mengidentifikasi sifat benda elastis · Memformulasikan konsep gaya pegas, modulus elastisitas, tetapan gaya, dan energi potensial pegas melalui diskusi kelas · Menganalisis penerapan susunan pegas seri atau paralel dalam kehidupan (misalnya: sock breker, spring bad, peralatan fitness, dan lain-lain) · Menganalisis penerapan konsep pegas dan prinsip hukum Hooke dalam diskusi pemecahan masalah | · Mendeskripsikan karakteristik gaya pada benda elastis berdasarkan data percobaan (grafik) · Mengidentifikasi modulus elastisitas dan konstanta gaya · Membandingkan tetapan gaya berdasarkan data pengamatan · Menganalisis susunan pegas seri dan paralel | Penilaian kinerja (sikap dan praktik), tes tertulis | 10 jam | Sumber: Buku Fisika yang relevan (Mekanika) Bahan: bahan presentasi, lembar kerja, data hasil percobaan Alat: media presentasi, statif, beban gantung, mistar, dan pegas |
1.4 Menganalisis hubungan antara gaya dengan gerak getaran | Gerak getaran | · Melakukan percobaan untuk mengidentifikasi karakteristik gerak getaran pada pegas (simpangan, amplitudo, periode, dan lain-lain) secara berkelompok · Memformulasikan hubungan antara simpangan, kecepatan, percepatan, dan gaya pada gerak getaran melalui diskusi kelas · Menganalisis penerapan konsep dan prinsip pada getaran melalui diskusi pemecahan masalah | · Mendeskripsikan karakteristik gerak pada getaran pegas · Menjelaskan hubungan antara periode getaran dengan massa beban berdasarkan data pengamatan · Menganalisis gaya simpangan, kecepatan dan percepatan pada gerak getaran | Penilaian kinerja (sikap dan praktik), tes tertulis | 10 jam | Sumber: Buku Fisika yang relevan (Mekanika) Bahan: bahan presentasi, lembar kerja, data hasil percobaan, bahan presentasi Alat: media presentasi, statif, beban gantung, stopwatch, pegas dan media presentasi |
1.5 Menganalisis hubungan antara usaha, perubahan energi dengan hukum kekekalan energi mekanik | Usaha dan energi · Konsep usaha · Hubungan usaha dan energi kinetik · Hubungan usaha dengan energi potensial · Hukum kekekalan energi mekanik | · Merumuskan konsep usaha, energi kinetik, energi potensial (gravitasi dan pegas), dan energi mekanik dan hubungan antara konsep-konsep itu dalam diskusi kelas · Mendemonstrasikan usaha yang terjadi karena perubahan energi kinetik · Mendemonstrasikan usaha yang terjadi karena perubahan energi potensial · Menerapkan prinsip hubungan antara usaha dan energi dalam pemecahan masalah dinamika gerak melalui diskusi kelas | · Mendeskripsikan hubungan antara usaha, gaya, dan perpindahan · Menghitung besar energi potensial (gravitasi dan pegas) dan energi kinetik · Menganalisis hubungan antara usaha dan energi kinetik · Menganalisis hubungan antara usaha dengan energi potensial · Merumuskan bentuk hukum kekekalan energi mekanik | Tes tertulis, penugasan | 8 jam | Sumber: Buku Fisika yang relevan Bahan: lembar kerja, hasil laporan siswa, bahan presentasi Alat: media presentasi |
1.6 Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik untuk menganalisis gerak dalam kehidupan sehari-hari | Hukum kekekalan energi mekanik · Penerapan energi mekanik pada gerak jatuh bebas · Penerapan energi mekanik pada gerak di bidang miring · Penerapan energi mekanik pada gerak planet/ satelit · Penerapan energi mekanik pada gerak getaran | · Menyelidiki berlakunya hukum kekekalan energi mekanik pada gerak jatuh bebas, parabola dan gerak harmonik sederhana · Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik dalam memecahkan masalah gerak jatuh bebas, gerak bidang miring, gerak dalam bidang lingkaran, gerak planet/satelit, dan gerak getaran secara berkelompok | · Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik pada gerak misalnya gerak jatuh bebas, gerak parabola dan gerak harmonik sederhana · Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik pada gerak dalam bidang miring · Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik pada gerak benda pada bidang lingkaran · Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik pada gerak satelit · Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik pada gerak getaran | Penugasan, tes tertulis | 8 jam | Sumber: Buku Fisika yang relevan Bahan: lembar masalah, hasil kerja siswa, bahan presentasi Alat: media presentasi |
1.7 Menunjukkan hubungan antara konsep impuls dan momentum untuk menyelesaikan masalah tumbukan | Momentum, impuls, dan tumbukan | · Mendiskusikan konsep momentum, impuls, hubungan antara impuls dan momentum dalam diskusi kelas · Melakukan percobaan hukum kekekalan momentum · Menganalisis pemecahan masalah tumbukan dengan menggunakan hukum kekekalan momentum | · Memformulasikan konsep impuls dan momentum, keterkaitan antar keduanya, serta aplikasinya dalam kehidupan (misalnya roket) · Merumuskan hukum kekekalan momentum untuk sistem tanpa gaya luar · Mengintegrasikan hukum kekekalan energi dan kekekalan momentum untuk berbagai peristiwa tumbukan | Penilaian kinerja (sikap dan praktik), tes tertulis | 12 jam | Sumber: Buku Fisika yang relevan Bahan: lembar kerja, hasil laporan siswa, bahan presentasi Alat: kereta dinamik, papan luncur, tiker timer, media presentasi |
SILABUS
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : XI/2
Standar Kompetensi : 2. Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem kontinu dalam menyelesaikan masalah
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Belajar | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/Alat |
2.1 Menformulasikan hubungan antara konsep torsi, momentum sudut, dan momen inersia, berdasarkan hukum II Newton serta penerapannya dalam masalah benda tegar | Keseimbangan benda tegar dan titik berat Dinamika rotasi | · Mendorong benda dengan posisi gaya yang berbeda-beda untuk medefinisikan gaya dan momen gaya melalui kegiatan demonstrasi kelas · Merumuskan dan menerapkan keseimbangan benda titik dan benda tegar dengan menggunakan resultan gaya dan momen gaya dalam diskusi kelas · Melakukan percobaan titik berat benda homogen dan keseimbangan secara berkelompok di kelas/ laboratorium · Merumuskan dan menerapkan konsep momen inersia dan dinamika rotasi dalam diskusi pemecahan masalah di kelas · Merumuskan dan menerapkan hukum kekekalan momentum sudut dalam diskusi pemecahan masalah di kelas | · Memformulasikan pengaruh torsi pada sebuah benda dalam kaitannya dengan gerak rotasi benda tersebut· Mengungkap analogi hukum II Newton tentang gerak translasi dan gerak rotasi · Menggunakan konsep momen inersia untuk berbagai bentuk benda tegar · Memformulasikan hukum kekekalan momentum sudut pada gerak rotasi · Menerapkan konsep titik berat benda dalam kehidupan sehari-hari | Penilaian kinerja (sikap dan praktik), tes tertulis | 20 jam | Sumber: Buku Fisika yang relevan Bahan: lembar kerja, hasil kerja siswa, bahan presentasi Alat: kertas karton, neraca, statif, dan media presentasi |
2.2 Menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statick dan dinamik serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari | Fluida statik Fluida dinamik | · Menerapkan konsep tekanan hidrostatis, prinsip hukum Archimedes dan hukum Pascall melalui percobaan · Melakukan percobaan tentang tegangan permukaan, kapilaritas, dan gesekan fluida · Mendiskusikan penerapan kosep dan prisip fluida statis dalam pemecahan masalah · Membuat alat peraga atau demonstrasi penerapan hukum Archimedes dan/atau hukum Pascall secara berkelompok · Mendiskusikan karakteristik fluida ideal, asas kontinuitas, dan asas Bernoulli dan penerapannya secara klasikal dalam memecahkan masalah · Membuat alat peraga atau demonstrasi penerapan asas Bernoulli secara berkelompok | · Memformulasikan hukum dasar fluida statik · Menerapkan hukum dasar fluida statik pada masalah fisika sehari-hari · Memformulasikan hukum dasar fluida dinamik · Menerapkan hukum dasar fluida dinamik pada masalah fisika sehari-hari | Penilaian kinerja (sikap dan praktik), hasil karya (produk), tes tertulis | 16 jam | Sumber: Buku Fisika yang relevan Bahan: lembar kerja, hasil kerja siswa, bahan presentasi Alat: hidrometer, gelas ukur, neraca, media presentasi |
Standar Kompetensi: 3. Menerapkan konsep termodinamika dalam mesin kalor
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Belajar | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/Alat |
3.1 Mendeskripsikan sifat-sifat gas ideal monoatomik | Teori kinetik gas · Persamaan umum gas · Tekanan dan energi kinetik gas | · Merumuskan hubungan antara tekanan, volume, suhu, kecepatan, dan energi kinetik dalam diskusi kelas · Menerapkan konsep tekanan, volume, suhu, kecepatan, dan energi kinetik dalam diskusi pemecahan masalah | · Mendeskripsikan persamaan umum gas ideal pada persoalan fisika sehari-hari · Mengidentifikasi hubungan tekanan, suhu, dan energi kinetik gas · Menerapkan persamaan umum gas ideal pada proses isotermik, isokhorik, dan isobarik | Penugasan, test tertulis | 14 jam | Sumber: Buku Fisika yang relevan Bahan: lembar kerja, bahan presentasi Alat: media presentasi |
3.2 Menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan hukum termodinamika | Termodinamika · Hukum utama termodinamika · Mesin Carnot | · Menghitung usaha, kalor, dan/atau energi dalam dengan menggunakan prinsip hukum utama termodinamika dalam diskusi kelas · Menganalisis karakteristik proses isobarik, isokhorik, isotermik, dan adiabatik dalam diskusi kelas · Menghitung efisiensi mesin kalor dan koefiseien performans mesin pendingin Carnot dalam diskusi pemecahan masalah | · Mendeskripsikan usaha, kalor, dan energi dalam berdasarkan hukum utama termodinamika · Menganalisis proses gas ideal berdasarkan grafik tekanan-volume (P-V) · Mendeskripsikan prinsip kerja mesin Carnot | Penugasan, test tertulis | 14 jam | Sumber: Buku Fisika yang relevan Bahan: lembar kerja, bahan presentasi Alat: media presentasi |
SILABUS
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : XII/1
Standar Kompetensi : 1. Menerapkan konsep dan prinsip gejala gelombang dalam menyelesaikan masalah
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Belajar | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/Alat |
1.1 Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang secara umum | Gejala dan Ciri-ciri Gelombang | · Mendemonstrasikan gelombang transversal dan longitudinal · Mengkaji literatur untuk membedakan karakteristik gelombang mekanik dan elektromagnetik · Menemutunjukkan sifat-sifat umum gelombang (pemantulan/pembiasan, superposisi, interferensi, dispersi, difraksi, danpolarisasi) melalui percobaan · Merumuskan persamaan gelombang (simpangan, kecepatan, fase, dan energi) melalui diskusi kelas · Melakukan percobaan Melde | · Mengidentifikasi karakteristik gelombang transfersal dan longitudinal · Mengidentifikasi karakteristik gelombang mekanik dan elektromagnetik · Menyelidiki sifat-sifat gelombang (pemantulan/pembiasan, superposisi, interferensi, dispersi, difraksi, danpolarisasi) serta penerapnnya dalam kehidupan sehari-hari · Mengidentifikasi persamaan gelombang berjalan dan gelombang stasioner | Penilaian kinerja (sikap dan praktik), test tertulis | 8 jam | Sumber: Buku Fisika yang relevan Bahan: lembar kerja, hasil kerja siswa, bahan presentasi Alat: slingki, katrol, beban gantung, penggetar, power suply, tangki riak, media presentasi |
1.2 Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang bunyi dan cahaya | Gelombang Bunyi Gelombang cahaya | · Melakukan percobaan/ pengamatan gejala dan ciri-ciri gelombang bunyi (misalnya, resonansi, interferensi, dan efek Doppler) · Melakukan percobaan gejala dan ciri gelombang cahaya (misalnya: interferensi, difraksi, dan lain-lain) · Mendiskusikan gejala dan ciri gelombang bunyi ( termasuk nada dan taraf intensitas) dan cahaya berdasarkan kajian literature · Mendiskusikan pemecahan masalah bunyi dan cahaya (interferensi, difraksi, polarisasi, efek dopler, taraf intensitas) secara klasikal | · Mendeskripsikan gejala dan ciri-iri gelombang bunyi · Menerapkan asas Dopller untuk gelombang bunyi · Mendeskripsikan gejala dan ciri gelombang cahaya | Penilaian kinerja (sikap dan praktik), test tertulis | 10 jam | Sumber: Buku Fisika yang relevan Bahan: lembar kerja, hasil kerja siswa, bahan presentasi Alat: prisma, cermin, kisi, polarisator, sumber cahaya, sonometer, pipa organa, media presentasi |
1.3 Menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya dalam teknologi | Manfaat Gelombang Bunyi (ultrasonic, infrasonic) Gelombang Cahaya (warna cahaya, penerapan interferensi dan difraksi cahaya dalam teknologgi fotocopy dan lain-lain) | · Melakukan kajian literatur pemanfaatan bunyi dan gelombang cahaya dalam kehidupan secara individu melalui berbagai sumber · Memaparkan pemanfaatan bunyi dalam teknologi melalui kajian literature (misalnya pada NDT/USG) · Memaparkan pemanfaatan cahaya dalam teknologi (misalnya pada teknologi photocopy, CD, OHP dan Scan) | · Mendeskripsikan karakteristik gelombang bunyi dan cahaya · Menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dalam teknologi · Menerapkan konsep dan prinsip gelombang cahaya dalam teknologi | Penilaian kinerja (sikap dan praktik), test tertulis | 4 jam | Sumber: Buku Fisika yang relevan Bahan: lembar kerja, hasil kerja siswa, bahan presentasi Alat: media presentasi |
Standar Kompetensi: 2. Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Belajar | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/Alat |
2.1 Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik, energi potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar | Listrik Statis · Gaya elektrostatik · Medan listrik dan hukum Gauss · Potensial dan energi potensial listrik · Kapasitor keping sejajar · Rangkaian kapasitor | · Mengidentifikasi karakteristik gaya elektrostatik dan medan listrik melalui peragaan secara klasikal · Merumuskan gaya Coulomb, medan listrik, potensial listrik, dan hukum kekekalan energi mekanik dalam medan listrik, serta kapasitor melalui diskusi kelas · Menghitung gaya Coulomb, medan listrik, potensial dan energi potensial, kapasitor rangkaian, serta energi kapasitor dalam diskusi pemecahan masalah | · Mendeskripsikan gaya elektrostatik (hukum Coulomb) pada muatan titik · Mengaplikasikan hukum Coulomb dan Gauss untk mencari medan listrik bagi distribusi muatan kontinu · Memformulasikan energi potensial listrik dan kaitannya dengan gaya/medan listrik dan potensial listrik · Memformulasikan prinsip kerja kapasitor keping sejajar | Penugasan, test tertulis | 16 jam | Sumber: Buku Fisika yang relevan Bahan: lembar kerja, bahan presentasi Alat: media presentasi |
2.2 Menerapkan induksi magnetik dan gaya magnetik pada beberapa produk teknologi | Induksi Magnetik · Percobaan Oersted · Hukum Ampere · Medan magnet sekitar kawat berarus (lurus, melingkar, solenoida) · Gaya magnetik (gaya Lorentz) | · Melakukan percobaan untuk mengidentifikasi karakteristik medan magnet di sekitar kawat berarus dan gaya magnetik · Memformulasikan kuat medan magnetik dan gaya magnetik pada berbagai keadaan (alat) dalam diskusi kelas · Merancang dan membuat motor listrik sederhana secara berkelompok | · Mendeskripsikan induksi magnetik sekitar kawat berarus · Mendeskripsikan gaya magnetik pada kawat berarus dan muatan bergerak · Menerapkan prinsip induksi magnetik dan gaya magnetik dalam teknologi seperti pada bel listrik atau motor listrik | Penilaian kinerja (sikap dan praktik), hasil karya (produk), test tertulis | 12 jam | Sumber: Buku Fisika yang relevan Bahan: lembar kerja, hasil kerja siswa, bahan presentasi Alat: , power supy, kawat/kabel, magnet batang/ magnet U, amperemeter, kit listrik, media presentasi |
2.3 Memformulasikan konsep induksi Faraday dan arus bolak-balik serta penerapannya | Induksi Elektromagnetik dan Arus Bolak-Balik · Induksi Faraday dan hukum Lenz · Ggl dan arus induksi · Generator dan transformator · Arus dan tegangan bolak-balik · Rangkaian RLC dan prinsip resonansi | · Mendemonstrasikan karakteristik induksi elektromagnetik dan pengukuran arus bolak-balik · Mendiskusikan formulasi induksi Faraday dalam berbagai keadaan dan karakteristik pengukuran serta parameter arus bolak balik pada rangkaian RLC · Menghitung ggl dan arus induksi dalam berbagai keadaan serta parameter arus bolak-balik dalam berbagai pemecahan masalah | · Memformulasikan konsep induksi elektromagnetik · Menerapkan konsep induksi elektromagnetik pada teknologi (misalnya generator dan transformator) · Memformulasikan konsep arus induksi dan ggl induksi · Memformulasikan konsep arus dan tegangan bolak-balik | Penilaian kinerja (sikap dan praktik), hasil karya (produk), test tertulis | 14 jam | Sumber: Buku Fisika yang relevan Bahan: lembar kerja, hasil kerja siswa, bahan presentasi Alat: , power supy, kawat/kabel, magnet batang/ magnet U, amperemeter, osiloskop, kumparan, transformator, media presentasi |
SILABUS
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : XII/2
Standar Kompetensi : Menganalisis berbagai besaran fisis pada gejala kuantum dan batas-batas berlakunya relativitas Einstein dalam paradigma fisika modern
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Belajar | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/Alat |
3.1 Menganalisis secara kualitatif gejala kuantum yang mencakup hakikat dan sifat-sifat radiasi benda hitam serta penerapannya | Radiasi benda hitam dan dualisme partikel-gelomang cahaya | · Menafsirkan data radiasi benda hitam dalam diskusi kelas · Merumuskan radiasi benda hitam (termasuk hukum pergeseran Wien), postulat Planck dan dualisme gelombang partikel cahaya dalam diskusi kelas · Memaparkan hasil kajian literatur tentang perilaku radiasi benda hitam yang berkaitan dengan gejala pemanasan global | · Mendeskripsikan fenomena radiasi benda hitam · Mendeskripsikan hipotesis Planck tentang kuantum cahaya · Menerapkan perilaku radiasi benda hitam untuk menjelaskan gejala pemanasan global (misalnya pada efek rumah kaca) | Penugasan, test tertulis | 8 jam | Sumber: Buku Fisika yang relevan Bahan: lembar kerja, bahan presentasi Alat: , media presentasi |
3.2 Mendeskripsikan perkembangan teori atom | Teori atom Thomson, Rutherford, Niels Bohr dan Mekanika Kuantum | · Membuat dan menjelaskan model atom Thomson, Rutherford, dan Niels Bohr berdasarkan kajian literatur secara berkelompok · Mendiskusikan perumusan kuantitas energi, momentum, perubahan energi dan panjang gelombang foton pada elektron menurut teori atom Bohr · Mendiskusikan pemecahan masalah energi, momentum, panjang gelombang/frekuensi foton dalam berbagai pemecahan masalah | · Mendeskripsikan karakteristik teori atom Thomson, Rutherford, Niels Bohr, dan mekanika kuantum · Menghitung perubahan energi elektron yang mengalami eksitasi · Menghitung panjang gelombang terbesar dan terkecil pada deret Lyman, Balmer, dan Paschen pada spectrum atom hidrogen | Penilaian hasil karya (produk), penugasan, test tertulis | 8 jam | Sumber: Buku Fisika yang relevan Bahan: lembar kerja, hasil kerja siswa, bahan presentasi Alat: , media presentasi |
3.3 Memformulasikan teori relativitas khusus untuk waktu, panjang, dan massa, serta kesetaraan massa dengan energi yang diterapkan dalam teknologi | Relativitas waktu, panjang, dan massa serta kesetaraan massa dan energi | · Mendefinisikan relativitas dalam berbagai masalah melalui kegiatan tanya jawab di kelas · Merumuskan relativitas panjang, massa, waktu, momentum dan energi dalam diskusi kelas · Mendiskusikan kesetaraan masa dan energi pada teknologi nuklir | · Memformulasikan relativitas khusus untuk massa, panjang dan waktu · Menganalisis relativitas panjang, waktu, massa, energi, dan momentum · Mendeskripsikan penerapan kesetaraan massa dan energi pada teknologi nuklir | Penugasan, test tertulis | 10 jam | Sumber: Buku Fisika yang relevan Bahan: lembar kerja, bahan presentasi Alat: media presentasi |
Standar Kompetensi: 4. Menunjukkan penerapan konsep fisika inti dan radioaktivitas dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Belajar | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/Alat |
4.1 Mengidentifikasi karakteristik inti atom dan radioaktivitas | Inti atom dan Radioaktivitas · Konsep nuklida dan energi ikat inti · Kesatabilan inti dan peluruhan · Aktifitas radiasi · Waktu paro · Energi reaksi fusi dan fisi | · Membuat dan menjelaskan model nuklida dengan berbagai cara secara berkelompok · Mendiskusikan karakteristik inti atom dan kestabilan inti atom, · Mendiskusikan karakteristik radioaktivitas · Menghitung energi ikat inti, energi reaksi, waktu paroh dan lain-lain dalam berbagai pemecahan masalah | · Mendeskripsikan karakteristik inti atom · Mendeskripsikan karakteristik radioaktivitas · Mendeskripsikan prinsip kesetaraan massa dan energi pada konsep energi ikat inti | Penugasan, test tertulis | 8 jam | Sumber: Buku Fisika yang relevan Bahan: lembar kerja, bahan presentasi Alat: media presentasi |
4.2 Mendeskripsikan pemanfaatan radioaktif dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari | Manfaat dan bahaya isotop radioaktif dalam bidang: · Kesehatan dan kedokteran · Pertanian · Industri, dan lain-lain | · Melakukan kajian literatur pemanfaatan radioisotop dalam kehidupan (bidang kesehatan, pertanian, pertambangan, dan lain-lain), bahayanya yang diakibatkan, serta cara untuk mengurangi resiko. · Mendiskusikan skema reaktor atom dan manfaatnya · Menghitung umur fosil/batuan dalam pemecahan masalah dengan menggunakan prinsip waktu paroh | · Mendeskripsikan karakteristik radioisotop · Mendeskripsikan pemanfaatan dalam bidang kesehatan, industri, dan pertanian · Mendeskripsikan skema reaktor nuklir dan manfaatnya · Mendeskripsikan penghitungan umur fosil atau batuan dengan menggunakan prinsip waktu paro · Menjelaskan bahaya radioisotop dan cara mengurangi resikonya | Penugasan, test tertulis | 6 jam | Sumber: Buku Fisika yang relevan Bahan: lembar kerja, bahan presentasi Alat: media presentasi |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar