Minggu, 23 Oktober 2011

Silabus IPA-Fisika Sekolah Menengah atas


SILABUS



Mata Pelajaan                  :   Fisika                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                       Alokasi Waktu per Semester: 36 jam pelajaran
Kelas/Semester                :   X/1
Standar Kompetensi         :   1. Menerapkan  konsep  besaran fisika dan pengukurannya

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/Alat

1.1        Mengukur besaran fisika (massa, panjang, dan waktu)


Pengukuran massa, panjang, dan waktu


·  Membuat daftar (tabel)  nama besaran, alat ukur, cara mengukur, dan satuan yang digunakan secara individu yang berlaku di daerah setempat (misalnya: untuk ukuran massaà mayam di Sumatera Utara, untuk ukuran panjang à tumbak di Jawa Barat)
·  Mengukur besaran panjang, massa, dan waktu dengan beberapa jenis alat ukur: mistar milimeter, jangka sorong, mikrometer, neraca lengan, neraca pegas, dan stopwatch secara berkelompok di sekolah
·  Mengolah hasil pengukuran dengan mempertimbangkan kesalahan relatif pengukuran dalam diskusi kelas


·  Menggunakan alat ukur besaran panjang, massa, dan waktu dengan beberapa jenis alat ukur
·  Mengukur besaran panjang, massa dan waktu dengan mempertimbangkan ketelitian dan ketepatan
·  Menampilkan sikap teliti dalam kegiatan praktik


Penilian kinerja (sikap dan praktik) dan tes tertulis


6 jam

Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: Lembar Kerja, hasil kerja siswa, bahan presentasi
Alat: jangka sorong, mikro-meter sekrup, neraca lengan, neraca pegas, media presentasi

1.2  Melakukan penjumlahan vektor

Penjumlahan vektor

·  Menjumlahkan dua besaran vektor dalam arah yang berbeda-beda secara grafis dalam kegiatan diskusi kelas
·  Menggambar vektor, resultan vektor, komponen vektor serta menghitung besar dan arah resultan vektor dalam diskusi kelas
·  Melakukan percobaan untuk menemukan resultan dua vektor sebidang
·  Menerapkan operasi vektor dalam pemecahan masalah secara individu



·  Menjumlahkan dua vektor atau lebih secara grafis
·  Menjumlahkan dua vektor secara analisis
·  Menerapkan prinsip penjumlahan vektor dalam pemecahan masalah


Penilaian kinerja (sikap dan praktik), laporan praktik, dan tes tertulis


6 jam

Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: Lembar kerja, bahan presentasi
Alat; neraca pegas, busur, media presentasi


Standar Kompetensi: 2. Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Belajar
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/Alat

2.1    Menganalisis besaran fisika pada gerak  dengan kecepatan dan percepatan konstan


Gerak lurus dengan kecepatan dan percepatan konstan


·  Mengamati demonstrasi gerak untuk membedakan gerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan dalam diskusi kelas
·  Melakukan percobaan glb dengan menggunakan kereta atau mobil mainan
·  Melakukan percobaan glbb dengan menggunakan kereta dinamik
·  Menganalisis besaran-besaran dalam glbb dan gerak jatuh bebas dalam diskusi kelas


·  Menganalisis besaran-besaran fisika pada gerak dengan kecepatan konstan
·  Menganalisis besaran-besaran fisika pada gerak dengan percepatan konstan
·  Menganalisis grafik gerak lurus dengan kecepatan konstan
·  Menganalisis grafik gerak lurus dengan percepatan konstan

Penilaian kinerja (sikap dan praktik), laporan praktik, dan tes tertulis


8 jam
Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, hasil kerja siswa, bahan presentasi
Alat: tiker timer, troly, mobil mainan, media presentasi
2.2   Menganalisis besaran fisika pada gerak melingkar dengan laju konstan

Gerak melingkar dengan laju konstan
·  frekuensi, periode, sudut tempuh, kecepatan linier, kecepatan sudut,  dan percepatan sentripetal
·  Hubugan kecepatan sudut, dan kecepatan linier pada gerak roda berhubungan

·  Menemukan besaran frekuensi, periode, sudut tempuh, kecepatan linier, kecepatan sudut,  dan percepatan sentripetal pada gerak melingkar melalui demonstrasi
·  Melakukan percobaan atau diskusi secara berkelompok untuk  menyelidiki gerak yang menggunakan hubungan roda-roda
·  Menganalisis gerak melingkar beraturan dalam pemecahan masalah melalui diskusi kelas
·  Mengidentifikasi besaran frekuensi, frekuensi sudut, periode, dan  sudut tempuh yang terdapat pada gerak melingkar dengan laju konstan
·  Menerapkan prinsip roda-roda yang saling berhubungan secara kualitatif
·  Menganalisis besaran yang berhubungan antaran gerak linier dan gerak melingkar pada gerak menggelinding dengan laju konstan

Penilaian kinerja (sikap dan praktik), laporan praktik, dan tes tertulis

8 jam
Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, bahan presentasi, hasil kerja siswa
Alat: alat sentripetal, stop watch, neraca, media presentasi

2.3    Menerapkan Hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal, dan gerak melingkar beraturan


Hukum Newton  tentang gerak
·  Hukum Newton 1
·  Hukum Newton 2
·  Hukum Newton 3
Gesekan statis dan kinetis


·  Melakukan percobaan hukum Newton 1 dan 2 secara berkelompok di kelas
·  Menggambar gaya berat, gaya normal, dan gaya tegang tali dalam diskusi pemecahan masalah dinamika gerak lurus tanpa gesekan
·  Melakukan percobaan gerak benda misalnya dalam bidang miring untuk membedakan gesekan statis dan kinetis
·  Menghitung percepatan benda dalam sistem  yang terletak pada bidang datar, bidang miring, dan sistem katrol dalam diskusi kelas
·  Melakukan praktik gaya sentripetal


·  Mengidentifikasi penerapan prinsip hukum 1 Newton (hukum inersia) dalam kehidupan sehari-hari
·  Mengidentifikasi penerapan prinsip hukum 2 Newton  dalam kehidupan sehari-hari
·  Menyelidiki karakteristik gesekan statis dan kinetis melalui percobaan
·  Mengidentifikasi penerapan prinsip hukum 3 Newton   dalam kehidupan sehari-hari
·  Menerapkan hukum newton pada gerak benda pada bidang datar/miring dengan dan atau tanpa gesekan
·  Menerapkan hukum Newton pada gerak vertikal
·  Menerapkan hukum Newton pada gerak melingkar


Penilaian kinerja (sikap dan praktik), laporan praktik, dan tes tertulis


8 jam

Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, hasil kerja siswa, bahan presentasi
Alat: kereta dinamik , tiker timer, katrol, beban gantung, media presentasi


SILABUS


Nama Sekolah              :   SMA
Mata Pelajaan               :   Fisika                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                      Alokasi Waktu per Semester: 36 jam pelajaran
Kelas/Semester            :   X/2
Standar Kompetensi     :   3. Menerapkan prinsip kerja alat-alat optik 

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Belajar
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/Alat

3.1 Menganalisis alat-alat optik secara kualitatif dan kuantitatif


Alat optik
·  Fungsi dan bagian alat optk seperti mata, kacamata, kamera, mikroskop, dan teropong
·  Prinsip pembentukan bayangan pada alat optik

·  Mengidentifikasi fungsi dan bagian alat optik pada mata dan kacamata, kamera, mikroskop, dan teropong secara berkelompok
·  Melukis jalannya sinar pada pembentukan bayangan alat-alat optik (lup, kacamata, mikroskop, dan teropong) untuk mata berakomodasi maksimum dan tanpa akomodasi
·  Menganalisis prinsip pembentukan bayangan dan perbesaran pada kacamata, lup, mikroskop, dan teropong dalam diskusi kelas

·  Menganalisis pembentukan bayangan pada lup, kaca mata, mikroskop, dan teropong
·  Mendeskripsikan fungsi dan bagian alat optik mata dan kacamata, mikroskop, dan teropong
·  Membedakan pengamatan tanpa akomodasi dan akomodasi maksimum
·  Menentukan kekuatan lensa kacamata pada penderita miopi dan hipermetropi
·  Menghitung perbesaran lup, mikroskop,  dan teropong


Penilaian kinerj (sikap dan praktik), Penugasan danTes tertulis

4 jam

Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, bahan presentasi
Alat: kaca mata baca dobel lensa, , teropong mainan, mikroskop, media presentasi
3.2 Menerapkan alat-alat optik dalam  kehidupan sehari-hari
Alat optik
·  Prinsip kerja teropong bumi, dan teropong bintang
·  Membuat daftar alat-alat optik dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
·  Merancang dan membuat teropong sederhana misalnya dengan menggunakan paralon dan lensa positip secara berkelompok

·  Mengidentifikasi penerapan berbagai alat optik dalam kehidupan sehari-hari
·  Merancang model teropong sederhana
·  membuat teropong sederhana

Penugasan dan hasil karya

2 jam
Alat: pipa paralon, lensa positip, lem

Standar Kompetensi: 4.  Menerapkan konsep kalor dan prinsip konservasi energi pada berbagai perubahan energi

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Belajar
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/Alat

4.1 Menganalisis pengaruh kalor terhadap suatu zat


Kalor, perubahan wujud, dan pemuaian


·  Melakukan percobaan pemanasan benda (misalnya es atau mentega) sambil mengamati perubahan suhu dan wujudnya
·  Menggunakan persamaan kalor Q= m.c.Δt
·  Menganalisis pengaruh kalor pada suhu, ukuran benda dan wujud nya dalam pemecahan masalah melalui diksusi kelas

·  Menganalisis  pengaruh kalor terhadap perubahan suhu benda
·  Menganalisis  pengaruh perubahan suhu benda terhadap ukuran benda (pemuaian)
·  Menganalisis  pengaruh kalor terhadap perubahan wujud benda

Penilaian kinerja (sikap dan praktik), tes tertulis

4 jam

Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, bahan presentasi
Alat: pemanas, bejana, mentega beku, termometer, media presentasi

4.2 Menganalisis cara perpindahan kalor

Perpindahan Kalor
·  Konduksi
·  Konveksi
·  Radiasi
·  Mengamati demonstrasi perpindahan kalor cara konduksi,  konveksi, dan radiasi
·  Mendiskusikan perbedaan konduksi, konveksi, dan radiasi kalor serta penerapannya dalam pemecahan masalah melalui diskusi kelas
·  Menganalisis perpindahan kalor dengan cara konduksi
·  Menganalisis perpindahan kalor dengan cara konveksi
·  Menganalisis perpindahan kalor dengan cara radiasi
Penugasan, tes tertulis
4 jam
Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, bahan presentasi
Alat: pemanas, bejana, zat cair, manik-manik berwarna, media presentasi


4.3        Menerapkan asas Black dalam pemecahan masalah


Asas Black pada pertukaran kalor
·  Prinsip petukaran kalor
·  Prinsip kerja kalorimetri


·  Menganalisis prinsip pertukaran kalor, asas Black dan kalor jenis zat dalam diskusi kelas
·  Praktik menentukan kalor jenis logam dengan kalorimeter secara berkelompok

·  Menghitung kuantitas kalor dalam berbagai keadaan (suhu atau wujudnya berubah)
·  Mendeskripsikan perbedaan kalor yang diserap dan kalor yang dilepas
·  Menerapkan asas Black dalam peristiwa pertukaran kalor


Penilaian kinerja (sikap dan praktik), tes tertulis

4 jam

Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, bahan presentasi
Alat: pemanas, kalorimeter, kubus logam, termometer, media presentasi


Standar Kompetensi:  5. Menerapkan konsep kelistrikan dalam berbagai penyelesaian masalah dan berbagai produk teknologi

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Belajar
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/Alat
 
5.1 Menggunakan alat ukur listrik

Alat ukur Listrik
·  Cara menggunakan voltmeter, dan amperemeter
·  Cara membaca pengukuran voltmeter dan amperemeter

·  Praktik menggunakan alat ukur voltmeter, amperemeter,  dan multimeter secara berkelompok

·  Menggunakan voltmeter dalam rangkaian
·  Menggunakan amperemeter dalam rangkaian
·  Menggunakan multimeter dalam rangkaian

Penilaian kerja (sikap dan praktik)

2 jam

Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, bahan presentasi
Alat: voltmeter, amperemeter, multimeter, power suply,resistor, kabel , media presentasi

5.2Memformulasikan besaran-besaran listrik rangkaian tertutup sederhana (satu loop)

 
Hukum Ohm dan hukum Kirchoff
·  Hukum ohm tentang kuat arus dan hambatan
·  Hambatan seri
·  Hukum Kirchoff I dan II

·  Mengukur kuat arus, tegangan dan hambatan pada rangkaian tertutup sederhana secara berkelompok
·  Memformulasikan dan menganalisis hukum ohm, tegangan jepit , hambatan dalam, dan hukum Kirchoff, dalam diskusi kelas

·  Memformulasikan besaran kuat arus dalam rangkaian tertutup sederhana
·  Memformulasikan besaran hambatan dalam rangkaian seri
·  Memformulasikan besaran tegangan dalam rangkaian tertutup sederhana dengan menggunakan hukum Kirchoff I dan II
Penilaian kinerja (sikap dan praktik), tes tertulis
6 jam
Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, hasil praktikum siswa, bahan presentasi
Alat: voltmeter, amperemeter, multimeter, power suply,resistor, kabel, media presentasi
 
5.1    Mengidentifikasi penerapan listrik AC dan DC dalam kehidupan sehari-hari


Listrik AC dan DC dalam kehidupan
·  Penggunaan arus searah dan arus bolak balik
·  Energi dan daya listrik

·  Membuat daftar penggunaan listrik searah dan bolak-balik serta sumbernya (batere, generator, dan lain-lain) dalam kehidupan sehari-hari di rumah masing-masing (misalnya: lampu, TV,  telpon, dan lain-lain) secara individu
·  Mengidentifikasi karakteristik hambatan seri-paralel pada rangkaian listrik di rumah tangga
·  Menghitung energi listrik yang digunakan di rumah masing-masing per bulan



·  Mengidentifikasi penerapan arus listrik searah dalam kehidupan sehari-hari
·  Mengidentifikasi penerapan arus listrik bolak-balik dalam kehidupan sehari-hari
·  Mengidentifikasi upaya penggunaan energi listrik secara hemat


Penugasan, tes tertulis

4 jam

Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, bahan presentasi
Alat: multimeter, osiloskop, media presentasi


Standar Kompetensi:  6. Memahami konsep dan prinsip gelombang elektromagnetik

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Belajar
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/Alat

6.1  Mendeskripsikan spektrum gelombang elektromagnetik


Spektrum gelombang elektromagnetik

·  Mendeskripsikan ciri dan karakteristik spektrum gelombang elektromagnetik melalui presentasi kelompok

·  Mendeskripsikan contoh pemanfaatan gelombang elektromagnetik
·  Mengidentifikasi karekteristik spektrum gelombang elektromagnetik
·  Menyusun deret gelombang elektromagnetik berdasarkan frekuensi atau panjang gelombang


Penugasan, tes tertulis

2 jam

Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: Petunjuk Penugasan, Bahan presentasi
Alat: media presentasi
6.2  Menjelaskan aplikasi gelombang elektromagnetik pada kehidupan sehari-hari

Gelombang elektromagnetik dalam kehidupan

·  Mengumpulkan informasi pemanfaatan gelombang elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari dalam bidang komunikasi, kesehatan, industri dan lain-lain
·  Mendeskripsikan pemanfaatan gelombang elektromeagnetik dalam kehidupan melalui presentasi kelompok
·  Mengidentifikasi penggunaan gelombang elektromagnetik (seperti infra merah, ultra violet, sinar laser, dan lain-lain) dalam komunikasi, kesehatan dan industrri
·  Mendeskripsikan manfaat dan bahaya beberapa spektrum gelombang elektromagnetik
·  Menjelaskan perbedaan penggunaan rentang frekuensi/panjang gelombang  pada komunikasi radio, radar, telepon dan lain-lain

Penugasan, tes tertulis
2 jam
Sumber: Buku Fisika yang relevan, Internet
Bahan: Petunjuk penugasan, Bahan presentasi
Alat: media presentasi

SILABUS


Mata Pelajaran             :   Fisika
Kelas/Semester            :   XI/1                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                         Alokasi Waktu per Semester: 72 jam pelajaran
Standar Kompetensi     :   1.   Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Belajar
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/Alat

1.1  Menganalisis gerak lurus, gerak melingkar dan gerak parabola dengan menggunakan vektor 


Perpaduan gerak antara:
·  glb dan glb
·  glb dan glbb

Gerak parabola

Gerak melingkar dengan percepatan konstan

·  Mengidentifikasi katrakteristik perpaduan gerak translasi pada beberapa gerak melalui presentas, percobaan atau demonstrasi di kelas secara klasikal (misalnya gerak mobil mainan di atas triplek yang bergerak)
·  Menganalisis vektor perpindahan, vektor kecepatan, dan vektor percepatan pada gerak dalam bidang datar (gerak parabola, gerak melingkar) melalui kegiatan diskusi di kelas
·  Menerapkan analisis vektor perpindahan, vektor kecepatan, dan vektor percepatan pada gerak dalam bidang datar (parabola dan melingkar) dalam diskusi pemecahan masalah

·  Menganalisis besaran perpindahan, kecepatan dan percepatan pada perpaduan gerak lurus dengan menggunakan vektor
·  Menganalisis besaran kecepatan dan percepatan pada gerak melingkar dengan menggunakan vektor
·  Menganalisis besaran perpindahan dan kecepatan pada gerak parabola dengan menggunakan vektor
·  Menganalisis vektor percepatan tangensial dan percepatan sentripetal pada gerak melingkar


Penugasan, penilaian kinerja (sikap dan praktik), tes tertulis

12 jam

Sumber: Buku Fisika yang relevan (Mekanika)
Bahan: bahan presentasi, lembar kerja
Alat: media presentasi,

1.2 Menganalisis keteraturan gerak planet dalam tatasurya berdasarkan hukum-hukum Newton


Hukum Newton tentang Gravitasi
Gaya gravitasi antar partikel
Kuat medan gravitasi dan percepatan gravitasi
Gravitasi antar planet
Hukum Keppler

·  Mendiskusikan konsep gerak, gaya dan kesimbangan yang terjadi pada sistem tatasurya dan gerak planet melalui berbagai media (misalnya presentasi, simulasi, dan lain-lain)
·  Memformulasikan hukum Newton tentang gravitasi, konsep berat, konsep percepatan dan medan gravitasi dalam tatasurya dalam diskusi kelas
·  Menganalisis keteraturan sistem tata surya dalam pemecahan masalah gravitasi antar planet, gerak satelit, penerbangan luar angkasa dalam diskusi kelas pemecahan masalah


·  Menganalisis hubungan antara gaya gravitasi dengan massa benda dan jaraknya
·  Menghitung resultan gaya gravitasi pada benda titik dalam suatu sistem
·  Membandingkan percepatan gravitasi dan kuat medan gravitasi pada kedudukan yang berbeda
·  Menganalisis gerak planet dalam tata surya berdasarkan hukum Keppler


Penugasan, tes tertulis

12 jam

Sumber: Buku Fisika yang relevan (Mekanika)
Bahan: bahan presentasi, lembar kerja
Alat: media presentasi,
1.3    Menganalisis pengaruh gaya pada sifat elastisitas bahan

Hukum Hooke dan elastisitas

·  Melakukan percobaan untuk mengidentifikasi sifat benda elastis
·  Memformulasikan konsep gaya pegas, modulus elastisitas, tetapan gaya, dan energi potensial pegas melalui diskusi kelas
·  Menganalisis penerapan susunan pegas seri atau paralel dalam kehidupan (misalnya: sock breker, spring bad,  peralatan fitness, dan lain-lain)
·  Menganalisis penerapan konsep pegas dan prinsip hukum Hooke dalam diskusi pemecahan masalah

·  Mendeskripsikan karakteristik gaya pada benda elastis berdasarkan data percobaan (grafik)
·  Mengidentifikasi modulus elastisitas dan konstanta gaya
·  Membandingkan tetapan gaya berdasarkan data pengamatan
·  Menganalisis susunan pegas seri dan paralel

Penilaian kinerja (sikap dan praktik), tes tertulis
10 jam
Sumber: Buku Fisika yang relevan (Mekanika)
Bahan: bahan presentasi, lembar kerja, data hasil percobaan
Alat: media presentasi, statif, beban gantung, mistar, dan pegas

1.4    Menganalisis hubungan antara gaya dengan gerak getaran


Gerak getaran


·  Melakukan percobaan untuk mengidentifikasi karakteristik gerak getaran pada pegas (simpangan, amplitudo, periode, dan lain-lain)  secara berkelompok
·  Memformulasikan hubungan antara simpangan, kecepatan, percepatan, dan gaya pada gerak getaran melalui diskusi kelas
·  Menganalisis penerapan konsep dan prinsip pada getaran melalui diskusi pemecahan masalah

·  Mendeskripsikan karakteristik gerak pada getaran pegas
·  Menjelaskan hubungan antara periode getaran dengan massa beban berdasarkan data pengamatan
·  Menganalisis gaya simpangan, kecepatan dan percepatan pada gerak getaran


Penilaian kinerja (sikap dan praktik), tes tertulis

10 jam

Sumber: Buku Fisika yang relevan (Mekanika)
Bahan: bahan presentasi,  lembar kerja, data hasil percobaan, bahan presentasi
Alat: media presentasi, statif, beban gantung, stopwatch, pegas dan media presentasi

1.5    Menganalisis hubungan antara usaha, perubahan energi dengan hukum kekekalan energi mekanik

Usaha dan energi
·  Konsep usaha
·  Hubungan usaha dan energi kinetik
·  Hubungan usaha dengan energi potensial
·  Hukum kekekalan energi mekanik
·  Merumuskan konsep usaha, energi kinetik, energi potensial (gravitasi dan pegas), dan energi mekanik dan hubungan antara konsep-konsep itu dalam diskusi kelas
·  Mendemonstrasikan usaha yang terjadi karena perubahan energi kinetik
·  Mendemonstrasikan usaha yang terjadi karena perubahan energi potensial
·  Menerapkan prinsip hubungan antara usaha dan energi dalam pemecahan masalah dinamika gerak melalui diskusi kelas

·  Mendeskripsikan hubungan antara usaha, gaya, dan perpindahan
·  Menghitung besar energi potensial (gravitasi dan pegas) dan energi kinetik
·  Menganalisis hubungan antara usaha dan energi kinetik
·  Menganalisis hubungan antara usaha dengan energi potensial
·  Merumuskan bentuk hukum kekekalan energi mekanik

Tes tertulis, penugasan
8 jam
Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, hasil laporan siswa, bahan presentasi
Alat: media presentasi

1.6    Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik untuk menganalisis gerak dalam kehidupan sehari-hari


Hukum kekekalan energi mekanik
·  Penerapan energi mekanik pada  gerak jatuh bebas
·  Penerapan energi mekanik pada  gerak di bidang miring
·  Penerapan energi mekanik pada  gerak planet/ satelit
·  Penerapan energi mekanik pada  gerak getaran

·  Menyelidiki berlakunya hukum kekekalan energi mekanik pada gerak jatuh bebas, parabola dan gerak harmonik sederhana
·  Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik dalam memecahkan masalah gerak jatuh bebas, gerak bidang miring, gerak dalam bidang lingkaran, gerak planet/satelit, dan gerak getaran secara berkelompok

·  Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik pada gerak misalnya  gerak jatuh bebas, gerak  parabola dan gerak harmonik sederhana
·  Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik pada gerak dalam bidang miring
·  Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik pada gerak benda pada bidang lingkaran
·  Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik pada gerak satelit
·  Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik pada gerak getaran


Penugasan, tes tertulis

8 jam

Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar masalah, hasil kerja siswa, bahan presentasi
Alat: media presentasi
1.7    Menunjukkan hubungan antara konsep impuls dan momentum untuk menyelesaikan masalah tumbukan

Momentum, impuls, dan tumbukan
·  Mendiskusikan konsep momentum, impuls, hubungan antara impuls dan momentum dalam diskusi kelas
·  Melakukan percobaan hukum kekekalan momentum
·  Menganalisis pemecahan masalah tumbukan dengan menggunakan hukum kekekalan momentum
·  Memformulasikan konsep impuls dan momentum, keterkaitan antar keduanya, serta aplikasinya dalam kehidupan (misalnya roket)
·  Merumuskan hukum kekekalan momentum untuk sistem tanpa gaya luar
·  Mengintegrasikan hukum kekekalan energi dan kekekalan momentum untuk berbagai peristiwa tumbukan

Penilaian kinerja (sikap dan praktik), tes tertulis
12 jam
Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, hasil laporan siswa, bahan presentasi
Alat: kereta dinamik, papan luncur, tiker timer, media presentasi

SILABUS


Mata Pelajaran             :   Fisika
Kelas/Semester            :   XI/2
Standar Kompetensi     :   2. Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem kontinu dalam menyelesaikan masalah

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Belajar
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/Alat

2.1 Menformulasikan hubungan antara konsep torsi, momentum sudut, dan momen inersia, berdasarkan hukum II Newton serta penerapannya dalam masalah benda tegar


Keseimbangan benda tegar dan titik berat
Dinamika rotasi


·  Mendorong benda dengan posisi gaya yang berbeda-beda untuk medefinisikan gaya dan momen gaya melalui kegiatan demonstrasi kelas
·  Merumuskan dan menerapkan keseimbangan benda titik dan benda tegar dengan menggunakan resultan gaya dan momen gaya dalam diskusi kelas
·  Melakukan percobaan titik berat benda homogen dan keseimbangan secara berkelompok di kelas/ laboratorium
·  Merumuskan dan menerapkan konsep momen inersia dan dinamika rotasi dalam diskusi pemecahan masalah di kelas
·  Merumuskan dan menerapkan hukum kekekalan momentum sudut dalam diskusi pemecahan masalah di kelas

 
·  Memformulasikan pengaruh torsi pada sebuah benda dalam kaitannya dengan gerak rotasi benda tersebut
·  Mengungkap analogi hukum II Newton tentang gerak translasi dan gerak rotasi
·  Menggunakan konsep momen inersia untuk berbagai bentuk benda tegar
·  Memformulasikan hukum kekekalan momentum sudut pada gerak rotasi
·  Menerapkan  konsep titik berat benda dalam kehidupan sehari-hari

Penilaian kinerja (sikap dan praktik), tes tertulis

20 jam


Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, hasil kerja siswa, bahan presentasi
Alat: kertas karton, neraca, statif, dan media presentasi

2.2 Menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statick dan dinamik serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari


Fluida statik
Fluida dinamik

·  Menerapkan konsep tekanan hidrostatis, prinsip hukum Archimedes dan hukum Pascall melalui percobaan
·  Melakukan percobaan tentang tegangan permukaan, kapilaritas, dan gesekan fluida
·  Mendiskusikan penerapan kosep dan prisip fluida statis dalam pemecahan masalah
·  Membuat alat peraga atau demonstrasi penerapan hukum Archimedes dan/atau hukum Pascall secara berkelompok
·  Mendiskusikan karakteristik fluida ideal, asas kontinuitas, dan asas Bernoulli dan penerapannya secara klasikal dalam memecahkan masalah
·  Membuat alat peraga atau demonstrasi penerapan asas Bernoulli secara berkelompok




·  Memformulasikan hukum dasar  fluida statik
·  Menerapkan hukum dasar fluida statik pada masalah fisika sehari-hari
·  Memformulasikan hukum dasar fluida dinamik
·  Menerapkan hukum dasar fluida dinamik pada masalah fisika sehari-hari


Penilaian kinerja (sikap dan praktik), hasil karya (produk), tes tertulis

16 jam

Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, hasil kerja siswa, bahan presentasi
Alat: hidrometer, gelas ukur, neraca,  media presentasi

Standar Kompetensi: 3.   Menerapkan  konsep termodinamika dalam mesin kalor

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Belajar
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/Alat

3.1 Mendeskripsikan sifat-sifat gas ideal  monoatomik


Teori kinetik gas
·  Persamaan umum gas
·  Tekanan dan energi kinetik gas


·  Merumuskan hubungan antara tekanan, volume, suhu, kecepatan, dan energi kinetik dalam diskusi kelas
·  Menerapkan konsep tekanan, volume, suhu, kecepatan, dan energi kinetik dalam diskusi pemecahan masalah

·  Mendeskripsikan persamaan umum gas ideal pada persoalan fisika sehari-hari
·  Mengidentifikasi hubungan tekanan, suhu, dan energi kinetik gas
·  Menerapkan persamaan umum gas ideal pada proses isotermik, isokhorik, dan isobarik


Penugasan, test tertulis

14 jam

Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, bahan presentasi
Alat: media presentasi
3.2 Menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan hukum  termodinamika

Termodinamika
·  Hukum utama termodinamika
·  Mesin Carnot
·  Menghitung usaha, kalor, dan/atau energi dalam dengan menggunakan prinsip hukum utama termodinamika dalam diskusi kelas
·  Menganalisis karakteristik proses isobarik, isokhorik, isotermik, dan adiabatik dalam diskusi kelas
·  Menghitung efisiensi mesin kalor dan koefiseien performans mesin pendingin Carnot dalam diskusi pemecahan masalah

·  Mendeskripsikan usaha, kalor, dan energi dalam berdasarkan hukum utama termodinamika
·  Menganalisis proses gas ideal berdasarkan grafik tekanan-volume (P-V)
·  Mendeskripsikan prinsip kerja mesin Carnot

Penugasan, test tertulis

14 jam
Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, bahan presentasi
Alat: media presentasi


SILABUS


Mata Pelajaran             :   Fisika
Kelas/Semester            :   XII/1
Standar Kompetensi     :   1. Menerapkan  konsep dan prinsip gejala gelombang dalam menyelesaikan masalah

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Belajar
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/Alat

1.1 Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang secara umum


Gejala dan Ciri-ciri Gelombang


·  Mendemonstrasikan gelombang transversal dan longitudinal
·  Mengkaji literatur untuk membedakan karakteristik gelombang mekanik dan elektromagnetik
·  Menemutunjukkan sifat-sifat umum gelombang (pemantulan/pembiasan, superposisi, interferensi, dispersi, difraksi, danpolarisasi) melalui percobaan
·  Merumuskan persamaan gelombang (simpangan, kecepatan, fase, dan energi) melalui diskusi kelas
·  Melakukan percobaan Melde


·  Mengidentifikasi karakteristik gelombang transfersal dan longitudinal
·  Mengidentifikasi karakteristik gelombang mekanik dan elektromagnetik
·  Menyelidiki sifat-sifat gelombang (pemantulan/pembiasan, superposisi, interferensi, dispersi, difraksi, danpolarisasi) serta penerapnnya dalam kehidupan sehari-hari
·  Mengidentifikasi persamaan gelombang berjalan dan gelombang stasioner


Penilaian kinerja (sikap dan praktik), test tertulis

8 jam

Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, hasil kerja siswa, bahan presentasi
Alat: slingki, katrol, beban gantung, penggetar, power suply, tangki riak, media presentasi

1.2 Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang bunyi dan cahaya


Gelombang Bunyi
Gelombang cahaya


·  Melakukan percobaan/ pengamatan gejala dan ciri-ciri gelombang bunyi (misalnya, resonansi, interferensi, dan efek Doppler)
·  Melakukan percobaan gejala dan ciri gelombang cahaya (misalnya: interferensi, difraksi, dan lain-lain)
·  Mendiskusikan gejala dan ciri gelombang bunyi ( termasuk nada dan taraf intensitas) dan cahaya berdasarkan kajian literature
·  Mendiskusikan pemecahan masalah bunyi dan cahaya (interferensi, difraksi, polarisasi, efek dopler, taraf intensitas) secara klasikal


·  Mendeskripsikan gejala dan ciri-iri gelombang bunyi
·  Menerapkan asas Dopller untuk gelombang bunyi
·  Mendeskripsikan gejala dan ciri gelombang cahaya


Penilaian kinerja (sikap dan praktik), test tertulis

10 jam

Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, hasil kerja siswa, bahan presentasi
Alat: prisma, cermin, kisi, polarisator, sumber cahaya,  sonometer, pipa organa, media presentasi
1.3 Menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya dalam teknologi
Manfaat Gelombang Bunyi (ultrasonic, infrasonic)
Gelombang Cahaya (warna cahaya, penerapan interferensi dan difraksi cahaya dalam teknologgi fotocopy dan lain-lain)

·  Melakukan kajian literatur pemanfaatan bunyi dan gelombang cahaya dalam kehidupan secara individu melalui berbagai sumber
·  Memaparkan pemanfaatan bunyi dalam teknologi melalui kajian literature (misalnya pada NDT/USG)
·  Memaparkan pemanfaatan cahaya dalam teknologi (misalnya pada teknologi photocopy, CD, OHP dan Scan)
·  Mendeskripsikan karakteristik gelombang bunyi dan cahaya
·  Menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dalam teknologi
·  Menerapkan konsep dan prinsip gelombang cahaya dalam teknologi
Penilaian kinerja (sikap dan praktik), test tertulis
4 jam
Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, hasil kerja siswa, bahan presentasi
Alat:  media presentasi

Standar Kompetensi: 2. Menerapkan  konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Belajar
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/Alat

2.1        Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik, energi potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar


Listrik Statis
·  Gaya elektrostatik
·  Medan listrik dan hukum Gauss
·  Potensial dan energi potensial listrik
·  Kapasitor keping sejajar
·  Rangkaian kapasitor

·  Mengidentifikasi karakteristik gaya elektrostatik dan medan listrik melalui peragaan secara klasikal
·  Merumuskan gaya Coulomb, medan listrik, potensial listrik, dan hukum kekekalan energi mekanik dalam medan listrik, serta kapasitor melalui diskusi kelas
·  Menghitung gaya Coulomb, medan listrik, potensial dan energi potensial, kapasitor rangkaian, serta energi kapasitor dalam diskusi pemecahan masalah


·  Mendeskripsikan gaya elektrostatik (hukum Coulomb) pada muatan titik
·  Mengaplikasikan hukum Coulomb dan Gauss untk mencari medan listrik bagi distribusi muatan kontinu
·  Memformulasikan energi potensial listrik dan kaitannya dengan gaya/medan listrik dan potensial listrik
·  Memformulasikan prinsip kerja kapasitor keping sejajar

Penugasan, test tertulis

16 jam

Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, bahan presentasi
Alat:  media presentasi
2.2    Menerapkan induksi magnetik dan gaya magnetik pada beberapa produk teknologi

Induksi Magnetik
·  Percobaan Oersted
·  Hukum Ampere
·  Medan magnet sekitar kawat berarus (lurus, melingkar, solenoida)
·  Gaya magnetik (gaya Lorentz)
·  Melakukan percobaan untuk mengidentifikasi karakteristik medan magnet di sekitar kawat berarus dan gaya magnetik
·  Memformulasikan kuat medan magnetik dan gaya magnetik pada berbagai keadaan (alat) dalam diskusi kelas
·  Merancang dan membuat motor listrik sederhana secara berkelompok
·  Mendeskripsikan induksi magnetik sekitar kawat berarus
·  Mendeskripsikan gaya magnetik pada kawat berarus dan muatan bergerak
·  Menerapkan prinsip  induksi magnetik dan gaya magnetik dalam teknologi seperti pada bel listrik atau motor listrik
Penilaian kinerja (sikap dan praktik), hasil karya (produk), test tertulis
12 jam
Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, hasil kerja siswa, bahan presentasi
Alat: ,  power supy, kawat/kabel, magnet batang/ magnet U, amperemeter, kit listrik, media presentasi


2.3    Memformulasikan konsep induksi Faraday dan arus bolak-balik serta penerapannya


Induksi Elektromagnetik dan Arus Bolak-Balik
·  Induksi Faraday dan hukum Lenz
·  Ggl dan arus induksi
·  Generator dan transformator
·  Arus dan tegangan bolak-balik
·  Rangkaian RLC dan prinsip resonansi

·  Mendemonstrasikan  karakteristik induksi elektromagnetik dan pengukuran arus bolak-balik
·  Mendiskusikan formulasi induksi Faraday dalam berbagai keadaan dan karakteristik pengukuran serta parameter arus bolak balik pada rangkaian RLC
·  Menghitung ggl dan arus induksi dalam berbagai keadaan serta  parameter arus bolak-balik dalam berbagai  pemecahan masalah


·  Memformulasikan konsep induksi elektromagnetik
·  Menerapkan konsep induksi elektromagnetik pada teknologi (misalnya generator dan transformator)
·  Memformulasikan konsep arus induksi dan ggl induksi
·  Memformulasikan konsep arus dan tegangan bolak-balik

Penilaian kinerja (sikap dan praktik), hasil karya (produk), test tertulis

14 jam

Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, hasil kerja siswa, bahan presentasi
Alat: ,  power supy, kawat/kabel, magnet batang/ magnet U, amperemeter, osiloskop, kumparan, transformator, media presentasi




SILABUS


Mata Pelajaran             :   Fisika
Kelas/Semester            :   XII/2
Standar Kompetensi     :   Menganalisis berbagai besaran fisis pada gejala kuantum dan batas-batas berlakunya relativitas Einstein dalam paradigma fisika modern

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Belajar
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/Alat

3.1 Menganalisis secara kualitatif gejala kuantum yang mencakup hakikat dan sifat-sifat radiasi benda hitam serta penerapannya


Radiasi benda hitam dan dualisme partikel-gelomang cahaya

·  Menafsirkan data radiasi benda hitam dalam diskusi kelas
·  Merumuskan radiasi benda hitam (termasuk hukum pergeseran Wien), postulat Planck dan dualisme gelombang partikel cahaya dalam diskusi kelas
·  Memaparkan hasil kajian literatur tentang perilaku radiasi benda hitam yang berkaitan dengan gejala pemanasan global


·  Mendeskripsikan fenomena radiasi benda hitam
·  Mendeskripsikan hipotesis Planck tentang kuantum cahaya
·  Menerapkan perilaku radiasi benda hitam untuk menjelaskan gejala pemanasan global (misalnya pada efek rumah kaca)


Penugasan, test tertulis

8 jam

Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, bahan presentasi
Alat: ,  media presentasi
3.2         Mendeskripsikan perkembangan teori atom

Teori atom Thomson, Rutherford, Niels Bohr dan Mekanika Kuantum
·  Membuat dan menjelaskan model atom Thomson, Rutherford, dan Niels Bohr berdasarkan kajian literatur secara berkelompok
·  Mendiskusikan perumusan kuantitas energi, momentum, perubahan energi dan panjang gelombang foton pada elektron menurut teori atom Bohr
·  Mendiskusikan pemecahan masalah energi, momentum, panjang gelombang/frekuensi foton dalam berbagai pemecahan masalah

·  Mendeskripsikan karakteristik teori atom Thomson, Rutherford, Niels Bohr, dan mekanika kuantum
·  Menghitung perubahan energi elektron yang mengalami eksitasi
·  Menghitung panjang gelombang terbesar dan terkecil pada deret Lyman, Balmer, dan Paschen pada spectrum atom hidrogen
Penilaian hasil karya (produk), penugasan, test tertulis
8 jam
Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, hasil kerja siswa, bahan presentasi
Alat: ,  media presentasi

3.3        Memformulasikan teori relativitas khusus untuk waktu, panjang, dan  massa, serta kesetaraan massa dengan energi yang diterapkan dalam teknologi


Relativitas waktu, panjang, dan  massa serta kesetaraan massa dan energi

·  Mendefinisikan relativitas dalam berbagai masalah melalui kegiatan  tanya jawab di kelas
·  Merumuskan relativitas panjang, massa, waktu, momentum dan energi dalam diskusi kelas
·  Mendiskusikan kesetaraan masa dan energi pada teknologi nuklir


·  Memformulasikan relativitas khusus untuk massa, panjang dan waktu
·  Menganalisis relativitas panjang, waktu, massa, energi, dan momentum
·  Mendeskripsikan penerapan kesetaraan massa dan energi pada teknologi nuklir

Penugasan, test tertulis


10 jam

Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, bahan presentasi
Alat:  media presentasi


Standar Kompetensi: 4.  Menunjukkan penerapan konsep fisika inti dan radioaktivitas dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Belajar
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/Alat

4.1    Mengidentifikasi  karakteristik inti atom dan radioaktivitas 


Inti atom dan Radioaktivitas
·  Konsep nuklida dan energi ikat inti
·  Kesatabilan inti dan peluruhan
·  Aktifitas radiasi
·  Waktu paro
·  Energi reaksi fusi dan fisi


·  Membuat dan menjelaskan model nuklida dengan berbagai cara secara berkelompok
·  Mendiskusikan karakteristik inti atom dan kestabilan inti atom,
·  Mendiskusikan karakteristik radioaktivitas
·  Menghitung energi ikat inti, energi reaksi, waktu paroh dan lain-lain dalam berbagai pemecahan masalah


·  Mendeskripsikan karakteristik inti atom
·  Mendeskripsikan karakteristik radioaktivitas
·  Mendeskripsikan prinsip kesetaraan massa dan energi pada konsep energi ikat inti


Penugasan, test tertulis


8 jam

Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, bahan presentasi
Alat:  media presentasi

4.2    Mendeskripsikan pemanfaatan radioaktif dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari

Manfaat dan bahaya  isotop radioaktif dalam bidang:
·  Kesehatan dan kedokteran
·  Pertanian
·  Industri, dan lain-lain
·  Melakukan kajian literatur pemanfaatan radioisotop dalam kehidupan (bidang kesehatan, pertanian, pertambangan, dan lain-lain), bahayanya yang diakibatkan, serta cara untuk mengurangi resiko.
·  Mendiskusikan skema reaktor atom dan manfaatnya
·  Menghitung umur fosil/batuan dalam pemecahan masalah dengan menggunakan prinsip waktu paroh
·  Mendeskripsikan karakteristik radioisotop
·  Mendeskripsikan pemanfaatan dalam bidang kesehatan, industri, dan pertanian
·  Mendeskripsikan skema reaktor nuklir dan manfaatnya
·  Mendeskripsikan penghitungan umur fosil atau batuan dengan menggunakan prinsip waktu paro
·  Menjelaskan bahaya radioisotop dan cara mengurangi resikonya

Penugasan, test tertulis

6 jam
Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, bahan presentasi
Alat:  media presentasi




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar